LDK Universitas Darunnajah ikuti Kegiatan RAPIMDA

0
43
LDK Universitas Darunnajah ikuti Kegiatan RAPIMDA

Pada Hari Jumat, 21 Oktober 2022. Delegasi Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Universitas Darunnajah mengikuti kegiatan Rapat Pimpinan Daerah 1 (RAPIMDA) yang diselenggarakan oleh Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Jadebek di Universitas Nasional, Pejaten, Jakarta Selatan.

Dihadiri oleh 70 Kampus se-Jakarta Depok Bekasi. Kegiatan ini diawali dengan Seminar Ekonomi Islam dan Seminar Politik Islam dengan 4 Pemateri.

Seminar Pertama disampaikan oleh Wakil Ketua MPR RI Periode 2019 -2024 yaitu Dr. H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, Lc, MA. Beliau menyampaikan bahwa Islam mengajarkan pentingnya mencintai tanah air. Sebagaimana didalam surah Al-Balad. Para Ulama terdahulu juga memperjuangkan kemerdekaan indonesia sebagai wujud cinta mereka terhadap NKRI. Peristiwa Resolusi Jihad sebagai salah satu cara untuk menggerakan santri dan seluruh rakyat indonesia untuk mempertahankan NKRI ini.

Seminar Kedua disampaikan oleh Wakil Ketua MES DKI yaitu Muhammad Assad, bahwa pentingnya ekonomi islam bagi kesejahteraan rakyat. Karena Islam mengajarkan prinsip keadilan dan kesejahteraan. Ekonomi Islam adalah Perekonomian yang berasaskan Al-Qur’an Hadist. Yang jauh dari praktik riba, ghoror, judi, dll.

Beliau juga menyampaikan bahwa langkah awal yang bisa kita lakukan untuk membangkitkan ekonomi islam adalah dengan mendukung berbagai aktivitas yang arah nya pada syariah, seperti Bank Syariah. Meskipun belum sepenuhnya diterapkan syariat 100% melalui bank tersebut dapat menjamin keberadaan ekonomi islam yang ada di Indonesia.

Seminar Ketiga disampaikan oleh Wakil DPR RI yaitu, H. Fahri Hamzah, SE. Beliau menyampaikan bahwa Rasa Ingin tahu dari seorang pemuda akan membawa pemuda tersebut menuju keberhasilan dalam segala hal.

Keberanian dan Kegigihan dalam mengerjakan sesuatu itu menjadi jalan untuk kesuksesan seseorang dimasa depan. Membaca adalah cara untuk dapat memperluas wawasan seseorang. Dengan membaca secara mendalam kemudian menyampaikan di khalayak umum, itu menjadi modal seseorang untuk menjadi pemimpin dimasa depan. LDK harus terdepan dalam berbicara. Pidato harus menjadi program utama dalam LDK. Karena dengan Bicara kita bisa memimpin umat dan menggerakan pemuda pemuda yang ada disekitar kita.

Pembicara Keempat disampaikan oleh Sekjen PP Dewan Masjid Indonesia yaitu KH. Drs. Imam Addaruqutni, M.A. Beliau menyampaikan bahwa Seorang pemuda diharapkan mampu membawa perubahan. Sebagaimana halnya Rasulullah Saw. yang mampu mengubah sebuah kota tak bermakna bernama Yatsrib menjadi kota peradaban yang melahirkan begitu banyak kemaslahatan bernama Madinah Al-Munawwaroh dalam waktu kurang lebih 10 tahun. Untuk menjadi agen perubahan, kita bisa membentuk diri kita menjadi pribadi yang sungguh-sungguh, idealis, dan memiliki fokus pemikiran.

Acara ini masih berlanjut esok hari, yaitu acara inti Rapat Pimpinan Daerah 1. Pada Hari Sabtu, 22 Oktober 2022

____________________________
Official Account University of Darunnajah:
Penerimaan: www.darunnajah.ac.id/pmb
Instagram: @univ.darunnajah
Facebook: Universitas Darunnajah Jakarta
Tiktok: univ_darunnajah
Whatsapp: 081222001443081240001302
Website: www.darunnajah.ac.id