Kunjungan Guru Besar Pendidikan Bahasa Arab UIN Malang ke Universitas Darunnajah

0
72
foto bersama jajaran rektorat UDN dengan Prof. Dr. Uril Baharuddin, M.A.

Jakarta – Universitas Darunnajah kedatangan tamu dari Malang, tamu tersebut merupakan guru besar Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Malang Sunan Maulana Malik Ibrahim yaitu Prof. Dr. Uril Baharuddin, M.A.

Dalam sekempatan ini beliau menjadi narasumber di rapat dwi mingguan pengelola Universitas Darunnajah pada tanggal 25 Febuari 2023 bertempat di Aula lt. 3 Kampus Cipulir.

Dalam kesempatan ini, Bapak Rektor Universitas Darunnajah Dr. Hasan Darojat, M.A membuka agenda ini dengan penuh antusias sambil berpesan “ Bahwa jangan sampai lewatkan sharing season ini bersama Prof Uril karena beliau kesini dengan membawa pengalaman yang banyak.’’ Setelah acara dibuka oleh Bapak Rektor, acara dilanjutkan sharing season bersama Prof. Dr. Uril Baharuddin, M.A sampai akhir agenda.

Prof. Dr. Uril Baharuddin, M.A

Dalam paparannya, beliau menyampaikan “ Sejarah perjuangan UIN Malang, yang dahulu adalah STAIN dan kemudian langsung menjadi Universitas tanpa melalui Institut terlebih dahulu. Selain itu beliau juga menyampaikan tentang mengembangkan perguruan tinggi berbasis Agama yang bersandar pada filosofis ulul albab, integrasi antara islam dan sains, pendidikan tinggi dan pesantren.

Kemudian pemahaman tentang ayat-ayat Al-Qur’an sebagai bentuk interaksi mahluk dan Tuhan Nya, setelah itu efeknya pada Etika atau Akhlak mahasiswa karena adab lebih penting dari pada ilmu, karena dahulu para ulama belajar adab terlebih dahulu sebelum menuntut ilmu.

Di akhir orasi, beliau menyampaikan tentang definisi mutu, mutu itu bertingkat-tingkat dan tidak tunggal,  jika kinerja sesuai harapan maka itu bermutu, dan jika kinerja melampaui harapan maka itu unggul, sebaliknya jika kinerja dibawah harapan maka itu tidak bermutu. Untuk mengetahui tingkat atau level kualitasnya, perlu dilakukan pengukuran melalui audit atau sejenisnya.

Acara yang dimulai pada pukul 10.00-12.10 WIB berjalan dengan khidmat dan diakhiri dengan sesi taya jawab dari audien.

Penulis : Fajar Nur Syah Alam, S.Pd

Official Account University of Darunnajah:
Penerimaan: www.darunnajah.ac.id/pmb
Whatsapp: 081222001443081240001302