Kolaborasi Riset dan Kurikulum: Langkah Baru Kerjasama Universitas Darunnajah dan UNIDA Gontor

23

Universitas Darunnajah Jakarta, 11 Agustus 2024 – Universitas Darunnajah dan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor mengadakan pertemuan di Baitun Nadwah untuk mengimplementasikan kerjasama dalam bidang penelitian dan pengembangan pendidikan. Acara ini dihadiri oleh tim dosen dari Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Darunnajah serta tim dosen dari Universitas Darussalam Gontor.

Pertemuan ini membahas dua topik utama. Pertama, pengembangan adaptive test bahasa Arab menggunakan CBT (computer-based test), yang dirancang untuk menyesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta tes berdasarkan teori ACTFL (American Council on the Teaching of Foreign Languages). Supriyadi Panggabean, M.Kom, dosen Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak Universitas Darunnajah, serta Rahmat Rizkiyanto, M.Kom, dosen Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi Universitas Darunnajah, berperan sebagai reviewer dalam proyek ini, yang dilaksanakan oleh tim peneliti dari UNIDA Gontor.

Topik kedua yang dibahas adalah pengembangan kurikulum pendidikan kewarganegaraan global di universitas pesantren. Kurikulum ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan wawasan global yang tetap berakar pada nilai-nilai keislaman.

Dari pihak Universitas Darussalam Gontor, hadir Ahmad Saifulloh, Ph.D., Direktur Pengembangan Bahasa; Dr. Ihwan Mahmudi, Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah; Dr. Moh Ismail, Wakil Direktur Pengembangan Bahasa; serta Syamsul Arifin, M.Pd., dosen Pendidikan Bahasa Arab.

Kerjasama ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara kedua universitas dalam bidang penelitian dan pengembangan kurikulum. Melalui forum diskusi kelompok (FGD) yang diadakan, diharapkan akan lahir inovasi-inovasi yang dapat diterapkan dalam dunia pendidikan, khususnya di lingkungan universitas pesantren.

Sebagai program studi yang bergerak dalam pengembangan rekayasa perangkat lunak merasa akan pentingnya kolaborasi ini dalam mendorong kualitas pendidikan yang adaptif dan relevan dengan kebutuhan zaman. Dengan adanya pengembangan CBT untuk bahasa Arab dan kurikulum pendidikan kewarganegaraan global, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan pendidikan di lingkungan pesantren.

Pertemuan ini merupakan implementasi berbagai program yang telah direncanakan dalam kerangka kerjasama antara Universitas Darunnajah dan Universitas Darussalam Gontor. Kedua belah pihak berharap bahwa kerjasama ini akan membawa dampak positif bagi pengembangan pendidikan di Indonesia.