Isra Mi’raj – Keutamaan & Amalan yang Perlu Dilakukan

0
1104

Isra Mi’raj merupakan dua bagian perjalanan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dalam satu malam. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan Shalat lima waktu sehari semalam. Isra Mi’raj di peringati setiap pada tanggal 27 Rajab.

Peristiwa ini dijelaskan dalam surah Al Isra ayat 1 yang artinya “ Maha suci Allah, yang telah memperjalankan hambanya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya dia adalah maha mendengar lagi mengetahui”.

Peristiwa Isra Mi’raj juga memiliki suatu pengertian yang berbeda

Peristiwa Isra

Peristiwa Isra merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Ka’bah ke Masjid Al- Aqsha yang berada di Yerusalem.Saat itu perjalanan dari Ka’bah ke Masjid Al-Aqsha dapat ditempuh satu bulan. Namun, Nabi Muhammad SAW dapat menempuh perjalanan tersebut hanya dalam satu malam. Diperjalanan tersebut, Nabi Muhammad SAW mengendarai hewan bernama buraq.

Peristiwa Mi’raj

Peristiwa Mi’raj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Aqsha menuju langit ke tujuh atau Sidratul Muntaha. Pada setiap tingkatan langit tersebut, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Nabi-nabi terdahulu. Nabi – nabi tersebut diantaranya: Nabi Adam dilangit pertama, Nabi Isa dan Yahya dilangit kedua, Nabi Yusuf dilangit ketiga, Nabi Idris dilangit keempat, Nabi Harun dilangit kelima, Nabi Musa dilangit keenam, Nabi Ibrahim dilangit ketujuh.

Adapun keutamaan Isra Mi’raj adalah:

  1. Isra mi’raj merupakan waktu disyariatkannya shalat lima waktu secara langsung dari Allah tanpa perantara malaikat Jibril.
  2. Peristiwa ini juga menjadi petunjuk keistimewaan masjid Aqsha bagi umat muslim.
  3. Saat peristiwa Isra Mi’raj Rasulullah SAW menjadi imam shalat bagi nabi- nabi terdahulu.
  4. Peristiwa Isra Mi’raj juga menjadi penegasan kebesaran Allah SWT.
  5. Isra Mi’raj merupakan Rahmat Allah SWT kepada nabi Muhammad dan umat manusia
  6. Peristiwa Isra Mi’raj mengingatkan betapa pentingnya menegakkan agama Allah SWT dan memerangi kejahatan.

Adapun amalan- amalan yang utama dilakukan pada hari peringatan Isra Mi’raj  ialah:

  1. Memperbanyak Istighfar

Bulan Rajab dikenal sebagai bulan Istighfar. Dibulan ini, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa yang dilakukan oleh hambanya.

Salah satu amalan yang dianjurkan adalah membaca sayyidul istighfar setiap pagi dan sore.

اللهم انت رَبِّي لاَ الَهَ الَّا اَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَ اَنَا عَبْدُكَ وَ اَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَدِكَ مَا اسْتَطَعْتَ وَ اَبُوْءُ لَكَ بِا لنِّعْمَتِكَ وَ اَبُوْلَكَ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْلِىْ لَا يَغْفِرُ الذُّنُبَ اِلَّا اَنْتَ قَالَ اِنْ قَلَهَا بَعْدَمَا يُصْبِحُ مُوْقِنًا بِهَا ثُمَّ مَاتَ كَانَ مِنْ اَهْلِهِ الجَنَّةِ.

  1. Berpuasa

Berpuasa merupakan amanalan Sunnah yang sangat dianjurkan ketika Isra Mi’raj. Beberapa pendapat menyatakan bahwa puasa Rajab memiliki ketetapan hukum Sunnah bila dilaksanakan sewaktu – waktu.

Adapun niat puasa sunnah Rajab ialah:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِي شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةَ لِللَّهِ تَعَالَى

  1. Memperbanyak doa

Didalam bulan Rajab umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa. Berikut bacaan doa Rajab:

اللهم بَارِكَ لَنَا فِي رَجَبِ وَشَعْبَان وَ بَلِّغْنَ رَمَضَانَ

Artinya: “ Ya Allah berilah kami keberkahan dibulan Rajab dan Syaban dan sampaikan kami pada bulan Ramadhan.

  1. Zikir

Pada bulan Rajab / malam Isra Miraj kita juga sebagai umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak zikir (mengingat) Allah SWT. Ada satu bacaan zikir yang pernah diajarkan Nabi Ibrahim untuk nabi Muhammad SAW saat mengalami peristiwa Isra Mi’raj .

Berikut bacaannya:

لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ

Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang Maha tinggi lagi maha Agung”.

  1. Shalat Sunnah

Shalat Sunnah pada malam Isra Miraj boleh dilakukan setelah Maghrib dan isya.

Umat Islam bisa melakukan shalat Sunnah sebanyak 12 rakaat.

Niat shalat Sunnah 12 rakaat:

اُصَلِّى سُنَّةً رَكْعَتَيْنِ لِللَّهِ تَعَالَى

Itulah beberapa poin penting dalam keutamaan dan amalan- amalan yang dilakukan pada malam Rajab/ Isra Miraj. Semoga kita semua dapat menjalankan ibadah dengan ikhlas agar mendapat Rahmat dan hidayah dari Allah SWT. (AR)