Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani – Hari Pahlawan 2022

0
3

Setiap tanggal 10 November, seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan dan memperjuangkan kemerdekaan, khususnya bagi pahlawan yang telah gugur dalam peristiwa pertempuran yang terjadi pada 10 November 1945 silam.

Kisah tersebut sudah pasti tidak relevan dengan hari ini. Namun yang paling utama untuk kita petik di sini adalah semangat nilai perjuangan dan nilai-nilai kepahlawanan.

Di sisi yang sama, kita tidak boleh melupakan sejarah, karena dari sejarahlah bisa mengerti betapa besar dan beratnya perjuangan para perjuangan negeri ini.

Mereka berkorban, bertumpah darah, kurang tidur, bahkan sampai gugur di medan perang. Apakah ketika kalah, mereka para pejuang lantas menyerah? Nyatanya tidak, karena semangat untuk membela negeri sudah menyatu dalam nadi dan darah.

Sebagai seorang generasi penerus bangsa, sudah sepantasnya kita jangan mudah putus asa, banyak berkeluh kesah hingga lupa apa yang seharusnya kita lakukan untuk bisa membela negara Republik Indonesia ini.

وَلَا تَقُولُوا لِمَنْ يُقْتَلُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَمْوَاتٌ ۚ بَلْ أَحْيَاءٌ وَلَٰكِنْ لَا تَشْعُرُونَ

Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya.

———————————————————-
Official Account University of Darunnajah:
Penerimaan: www.darunnajah.ac.id/pmb
Instagram: @univ.darunnajah
YouTube : Universitas Darunnajah
Facebook: Universitas Darunnajah Jakarta
Tiktok: Universitas darunnajah
Maps Darunnajah : Universitas Darunnajah
Whatsapp: 081222001443081240001302
Website: www.darunnajah.ac.id