Dosen Universitas Darunnajah Dorong Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak

0
45

Dalam rangka memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan usia dini, sekelompok dosen dari Universitas Darunnajah program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) telah melaksanakan program pengabdian masyarakat dengan tema “Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka” di Taman Kanak-Kanak (TK) sekitar wilayah kampus khususnya TK Darunnajah group.

Program pelatihan ini bertujuan untuk memberikan panduan dan dukungan kepada pengajar TK dalam menerapkan pendekatan kurikulum yang mengedepankan semangat merdeka belajar. Dosen-dosen yang terlibat dalam inisiatif ini menyadari pentingnya memberikan pengalaman belajar yang kreatif dan sesuai dengan perkembangan anak usia dini.

Dalam pelatihan tersebut, para dosen memaparkan prinsip-prinsip dasar kurikulum merdeka dan bagaimana mengintegrasikannya dalam kegiatan sehari-hari di TK. Mereka memberikan contoh praktis dan metode pembelajaran yang berfokus pada stimulasi kreativitas, keaktifan, dan pengembangan potensi setiap anak.

Dwi Pujilestari, M. Pd, salah satu pemimpin tim pengabdian masyarakat, menyatakan, “Kurikulum merdeka di TK bukan hanya tentang materi pelajaran, tetapi juga bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang mendukung eksplorasi dan rasa ingin tahu anak-anak. Kami berusaha memberikan pemahaman yang komprehensif kepada pengajar TK agar mereka dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna.”

Pelatihan mencakup berbagai aspek, mulai dari pengenalan merdeka belajar, Penyusunan Kurikulum Merdeka, yang sudah dilakukan bulan lalu, kemudian dalam bulan ini (PkM) dosen dilanjutkan dengan Praktek Perencaan dan Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka.  Para pengajar TK diajak untuk berpartisipasi aktif, berdiskusi, dan merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini.

Salah satu peserta pelatihan, Ibu Maskuroh selaku kepala sekolah TK Islam Darunnaah 1, menyambut baik inisiatif ini. “Pelatihan ini memberikan pandangan baru tentang cara mendesain kegiatan pembelajaran yang lebih menarik bagi anak-anak. Kami berharap dapat menerapkan metode-metode ini di kelas-kelas kami dan menciptakan suasana belajar yang lebih merdeka.”

Melalui program pengabdian masyarakat ini, dosen Universitas Darunnajah berupaya tidak hanya memberikan teori, tetapi juga dukungan praktis kepada para pengajar TK. Diharapkan, hasil dari pelatihan ini dapat membawa dampak positif pada perkembangan anak-anak usia dini dan menciptakan generasi yang lebih berkualitas melalui pendekatan kurikulum merdeka.