Diskusi Internasional: Penguatan Kerjasama Perguruan Tinggi Indonesia-Malaysia

0
166

Jakarta – Dalam upaya memperkuat hubungan dan kerjasama antarperguruan tinggi di tingkat internasional, Universitas Darunnajah hadir dan memenuhi undangan Diskusi Internasional yang diselenggarakan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan Malaysia dan Education Malaysia Global Service (EMGS) dari Malaysia. Acara yang berlangsung di Restoran Seribu Rasa, Plaza Indonesia, Jakarta. pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Sejumlah tokoh pendidikan dari kedua negara. Pihak yang terlibat dalam diskusi ini antara lain Ncik Zulfadhli Hamzah, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Malaysia, serta Ncik Shahrill Sabarudin, Direktur Education Malaysia Global Service (EMGS). Turut hadir Dr. Muhammad Irfanudin Kurniawan, Wakil Rektor III Universitas Darunnajah, selain itu juga turut hadir tamu, termasuk alumni-alumni dari universitas malaysia seperti Prof. Dr. Irfan Syauqi Beik, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis IPB, serta Prof. Maila Dinia Husni Rahiem, M.A., Ph.D, Direktur Hubungan Internasional UIN Jakarta.

Salah satu sorotan utama dalam acara ini adalah presentasi dari Ncik Shahrill Sabarudin tentang peran Education Malaysia Global Service (EMGS) yang didirikan oleh pemerintah Malaysia. EMGS berfungsi untuk mengatur segala hal terkait dengan pelajar internasional dan departemen keimigrasian, menjadi jembatan penting bagi mahasiswa asing yang ingin menimba ilmu di Malaysia.

Acara juga mencakup forum silaturahmi dan diskusi antara kedua belah pihak, membahas berbagai aspek kerjasama, termasuk tingkat kampus, dosen, dan mahasiswa. Universitas Darunnajah memanfaatkan kesempatan ini untuk memaparkan program unggulannya, terutama dalam bidang Internasionalisasi Manajemen Pesantren.

Dalam kesempatan tersebut, Universitas Darunnajah juga membagikan pengalaman sukses dalam melaksanakan program internasional, seperti KKN dan PPL ke Malaysia, International Public Lecture bersama Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, serta penandatanganan MoU dengan beberapa universitas di Malaysia dan Thailand.

“Besar harapan kami agar EMGS dapat menjembatani kerjasama Internasional Universitas Darunnajah, khususnya di Malaysia” Ucap Wakil Rektor III Universitas Darunnajah

Dalam sesi akhir diskusi, harapan besar dirangkai oleh peserta diskusi bahwa kegiatan ini dapat menjadi langkah signifikan dalam mempererat hubungan internasional antarperguruan tinggi Indonesia dan Malaysia. Dengan demikian, diharapkan kegiatan ini juga akan membangun kemampuan diplomasi internasional yang sangat berguna bagi kedua negara di masa depan.