Bullying? Stop it!

0
20

Bullying atau perundungan adalah suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan dengan cara menyakiti dalam bentuk fisik, verbal, atau emosional/psikologis oleh seseorang atau kelompok yg merasa lebih kuat kepada korban yang lebih lemah secara berulang-ulang. Bullying tak jarang berdampak pada fisik dan psikis korban.  Tidak hanya remaja, kasus bullying bahkan terjadi pada siswa sekolah dasar.

Berangkat dari keprihatinan fenomena bullying di sekolah, salah satu Dosen Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) bekerjasama dengan Sekolah Dasar Islam Darunnajah mengadakan seminar pencegahan bullying untuk para guru di lingkungan TK dan SDI Darunnajah pada hari Sabtu, 14 Januari 2021. Ibu Arie Rijantie M.Pd, salah satu Dosen Prodi PIAUD menjadi narasumber pada acara tersebut dengan menyampaikan materi bertemakan “Jadilah temanku, Stop Bullying”.

Acara seminar dibuka oleh ibu Eny Anggraeny, kepala sekolah Sekolah Dasar Islam Darunnajah dan dihadiri oleh 74 guru. Alhamdulillah peserta antusias dalam mengikuti sosialisasi dengan diberikan trik sederhana untuk mencegah serta mengantisipasi bullying di sekolah.

Dalam pemaparannya, ibu Arie Rijantie M.Pd menyampaikan bagaimana membedakan antara tindakan bullying, bercanda, dan perilaku agresif.  Hal ini untuk memperkuat pemahaman agar tidak terjadi penyamarataan atau generalisasi arti bullying. Karena tidak semua tindakan kekerasan yang dilakukan oleh anak terhadap rekan sebayanya dapat dikategorikan dalam bullying.

Bullying sendiri tentunya memiliki dampak yang tidak baik bagi korbannya, diantaranya adalah kepercayaan diri yang menurun, kehilangan minat atas kegiatan tertentu, melukai diri sendiri (bahkan sampai bunuh diri), nafsu makan berkurang, mimpi buruk, tidak mau pergi ke sekolah, sulit fokus belajar, sering bolos, prestasi akademik menurun, juga sampai putus sekolah. (Kompas.com)

Acara ini ditutup dengan doa dan harapan agar para guru dapat mencegah bullying, memberi pengertian, dan menjalin keakraban dengan siswa agar dapat lebih dekat sesama teman sehingga diharapkan bullying tidak terjadi.

Seminar Bullying

Official Account University of Darunnajah:
Penerimaan: www.darunnajah.ac.id/pmb
Whatsapp: 081222001443, 081240001302