Dauroh Bahasa Arab ke-5: Bahasa Arab Identitas Seorang Muslim.

0
252

Bahasa Arab Identitas seorang Muslim. (Bagian 1)

Sabtu, 11 Maret 2023 para peserta Umroh plus Dauroh ke-5, Kerjasama Universitas Darunnajah dengan Universitas Islam Madinah berjalan dengan lancar. Daurah ini diawali dengan umroh di Makkah al Mukaromah selama 4 hari, para peserta melaksanakan umroh dan berziarah di tempat-tempat yang diberkahi oleh Allah yang berada di Kota suci itu.

Beberapa peserta bahkan ada yg melakukan umroh kedua dan ketiga, ada juga yang melakukan umroh Badal atau pengganti untuk orang tua dan keluarganya. Ust. Maldison peserta dari pesantren Diniyah pasia, Bukit Tinggi, salah satu peserta yang meniatkan umroh keduanya untuk almarhum Ayahnya.

Salah satu tempat ziarah yang masih baru adalah Musium Wahyu yang letaknya berdekatan dengan Jabal Nur tempat Gua Hira berada. Di musium tersebut para peserta menyaksikan perjalanan wahyu ilahi dari zaman Nabi Adam sampai dengan Nabi Muhammad. Kemudian para peserta juga memasuki ruangan 3 dimensi yang seakan-akan sedang melakukan pendakian di jabal Nur menuju gua Hira. Juga ada replika Gua Hira tempat nabi Muhammad bermunajat dan mendapatkan wahyu pertamanya.

Peserta Dauroh Bahasa Arab ke-5, Mengunjungi Musium Wahyu

Musium tersebut juga dilengkapi dengan toko oleh-oleh yang cukup lengkap dengan penjaga yang sangat humoris. Salah satu penjaga berusaha menawarkan cenderamata dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan logat Arab yang membuat pengunjung terhibur karena aksen yang lucu. Mungkin orang arab juga tertawa apabila kita melakukan hal serupa.

Kegiatan umroh plus Dauroh ini diikuti sebanyak 68 peserta yang berasal dari 16 lembaga pendidikan. Salah satu peserta ada yang berasal dari Universitas Gadjah Mada yaitu bapak Widyawan. Beliau merupakan seorang dosen di fakultas teknik yang S2 nya diraih dari Universitas di Belanda serta S3 dari Universitas di Inggris.

Walaupun beground pendidikannya dari Barat tapi dirinya sangat memperhatikan pentingnya pemahaman bahasa Arab, sehingga ketika mendapatkan informasi daurah yang dilaksanakan di Universitas Islam Madinah beliau langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan ini.

Salah satu peserta yang lain adalah Muhammad irfanudin Kurniawan dosen di Universitas Darunnajah. Menurut Ustad Irfan bahasa Arab merupakan identitas seorang muslim. Karena Semenjak mereka lahir Kalimat pertama yang didengarkan oleh seorang muslim adalah lantunan azan yang mana Azan dikumandangkan dengan bahasa Arab.

Begitupun di akhir hayat seorang muslim, Rasulullah mengingatkan dan memberikan Sunnah untuk mengucapkan kalimat lailahaillallah, sebagai salah satu bukti keimanan dan Husnul khotimahnya seseorang.

Dalam hadisnya Rasul bersabda barangsiapa yang kalimat terakhir diucapkannya adalah kalimat Lailahaillallah maka dia akan masuk surga.

عن معاذ بن جبل قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من كان آخر كلامه لا إله إلا الله دخل الجنة. رواه أبوداود والحاكم

Dari dua prosesi kelahiran dan wafatnya manusia maka kita sebagai seorang muslim tidak bisa menghindari diri untuk tidak belajar bahasa Arab. Oleh sebab itu kegiatan daurah bahasa Arab yang dilaksanakan di Universitas Islam Madinah bekerjasama dengan Universitas Darunnajah ini. Diharapkan bisa menghasilkan para muslim yang memahami dan bisa mendalami bahasa Arab. Sehingga bisa menjadikan Alquran tidak hanya sebagai bacaan, tetapi juga sebagai perenungan dan amalan.

By: Abu Ghassan

Official Account University of Darunnajah:
Penerimaan: www.darunnajah.ac.id/pmb
Whatsapp: 081222001443081240001302