Asesmen Lapangan (AL) Daring Prodi HKI STAIDA di Hari Kedua

0
16

STAIDA Online-Asesmen Lapangan (AL) secara Daring Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) STAI Darunnajah Jakarta dilakukan selama dua hari yaitu jum’at dan sabtu 17-18 September 2021.

Setelah para asesor dari BAN-PT selesai memverifikasi beberapa hal yang ada dalam Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) Pogram Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) STAI Darunnajah dari data dan dokuman yang berkaitan di hari pertama asesmen lapangan (AL) secara daring, Jum’at (17/9). Berikutnya pada hari ini, sabtu (18/9) agenda asesmen lapangan (AL) adalah konfirmasi beberapa hal terkait dengan program studi terhadap tenaga kependidikan (Tendik), Dosen, Alumni dan Pengguna Alumni.

Berbeda dengan hari pertama yang lebih banyak dibahas dan diverifikasi adalah data dan dokuman formal. Sedangkan di hari kedua ini, asesor lebih banyak melakukan dialog dan wawancara dengan para pihak terkait dengan pengelolaan program studi.

Pada sesi pertama asesor mengkonfirmasi beberapa hal dengan tenaga kependidikan diantaranya Tata Usaha Umum dan Keuangan, Ibu Khodijah, M.M., Pusat Pengolahan Data (Puslahta) Ust. Masruin Masad, S.Kom., Pustakawan, Ust. Rokimin, M.Pd.

Hal yang dikonfirmasi salah satunya tentang aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran. Ustadz Masruin pun menjelaskan bahwa STAIDA mempunyai aplikasi EdLink sebagai media pembelajaran di masa pandemi ini.

“Kita STAIDA memakai aplikasi EdLink untuk media perkuliahan, dimana setiap dosen bisa mengoperasikan dari rumah masing-masing. Dan data-data yang ada sudah sinkron dengan siakad,” jelas ustadz Masruin kepada asesor.

Sesi dilanjutkan dengan para dosen tetap di program studi HKI. Pada sesi ini asesor mewawancara beberapa dosen, yaitu Ustadzah. Hj. Lilis Suaedah, M.A., Ustadz Sofyan Munawar dan Ust. H. Hasbu Marzuki, Lc., M.A. Diantara pertanyaan yang diberikan oleh asesor kepada para dosen terkait dengan mata kuliah yang diampunya, penelitian, dan jabatan akademiknya serta saran untuk pengembangan Prodi HKI STAIDA ke depan.

Pada sesi ketiga, wawancara dilakukan kepada para alumni Prodi HKI dimana mereka telah berkiprah dan berprofesi sesuai dengan bidang yang diambil pada masa kuliah di Prodi HKI. Kemudian sesi berlanjut dialog dengan pengguna alumni Prodi HKI yang diantaranya di kantor notaris, pengacara dan lain sebagainya.

Agenda konfirmasi terhadap beberapa pihak terkait selesai saat adzan dhuhur tiba, sehingga acara dilanjutkan dengan istirahat, sholat dan makan siang.

Agenda akhir asesmen lapangan kali ini adalah penutupan. Dan Dr. KH. Sofwan Manaf, M.Si., hadir mewakili pembina yayasan Darunnajah yang diistilahkannya Dewan Nadzir Darunnajah.

Pada penutupan ini, Kyai Sofwan menyampaikan terima kasih kepada para asesor yang telah melakukan asesmen lapangan walaupun secara daring terhadap Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah sebagai bentuk evaluasi, sehingga ke depan STAIDA akan terus berbenah dalam proses menuju Universitas.

Beliau menyampaikan bahwa institusi STAIDA adalah amanah yang telah diwakafkan, sehingga menjadi tanggungjawab bersama untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan dan pendidikannya.

Di akhir sambutan beliau meminta kepada para asesor untuk tetap menjaga silaturrahmi walaupun berada di tempat yang jauh.

“ya, walaupun bapak dan ibu asesor berada di tempat yang jauh, bapak di perwokerto dan ibu di palembang, tetap lah kita jaga silaturrahmi. Dan kalau bapak ibu sedang ada tugas di Jakarta, maka disilahkan singgah di pesantren kami,” ujar beliau.

Semoga dengan selesainya asesmen lapangan ini, Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) STAI Darunnajah Jakarta mendapatkan hasil yang terbaik. Aamiin.