Apa itu Pathfinding, Aligning, Modelling, and Empowering?

0
37

Pondok pesantren adalah sekolah kehidupan, banyak hal yang dapat dipelajari dalam kehidupan. Dunia pesantren sangat membantu dalam pembentukan mental dan kreatifitas para santri. Pesantren dan sistemnya adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, inilah mengapa sistem dari sebuah pesantren sangat penting dalam pengembangan kualitas pesantren itu sendiri.

Sistem yang baik akan membentuk pesantren yang unggul dan berkualitas tentunya akan memiliki nilai positif dimata masyarakat. Selain itu, sistem yang baik dan tepat yang digunakan oleh pesantren juga akan mempengaruhi nilai SDM juga output yang akan dihasilkan oleh pesantren itu sendiri.

“Dalam penerapan sistem, pengasuh pesantren memiliki 4 peran : Pathfinding, Aligning, Modelling, and Empowering”, sebut Presiden Universitas Darunnajah yang kerap disapa Ayah Dedy ini.

Pathfinding (work on direction) : penentuan kebutuhan staff pengelola, misi, visi yang menarik juga stategi yang jelas akan diterapkan dalam pencapaian misi.

Aligning (work on system) : memahami keselurahan sistem dan mensejajarkan setiap bagian.

Modelling (work on  self)

Empowering (work with people) : tingkat pemberdayaan, gaya kepemimpinan, dan kondisi pemberdayaan.

Grand System dalam pesantren modern diantaranya adalah sistem kepemimpinan, sistem kaderisasi, sistem kesejahteraan, sistem kepengasuhan, sistem pengajaran, juga sistem pendanaan. Sistem komponen yang sangat penting dalam dunia pesantren yang dapat mempertahankan pesantren walaupun telah ditinggal wafat oleh para pendiri.

Sistem dalam sebuah lembaga menjadi ciri khas tersendiri dan memiliki nilai yang sangat tinggi. Dimana setiap lembaga memiliki cara dan strategi tersendiri dalam penerapan sistem yang dimiliki.

———————————————————-
Official Account University of Darunnajah:
Penerimaan: www.darunnajah.ac.id/pmb
Instagram: @univ.darunnajah
YouTube : Universitas Darunnajah
Facebook: Universitas Darunnajah Jakarta
Tiktok: Universitas darunnajah
Maps Darunnajah : Universitas Darunnajah
Whatsapp: 081222001443, 081240001302
Website: www.darunnajah.ac.id