WAKIL KETUA STAI DARUNNAJAH JAKARTA MENGUNJUNGI PUSAT KEBUDAYAAN INDONESIA DI CAIRO MESIR

Kunjungan Wakil Ketua STAI Darunnajah Jakarta (H. Hendro Risbiyantoro, M.S.) ke PUSKIN (Pusat Kebudayaan Indonesia), yang terletak di Sekolah Indonesia Cairo, Dokki, Cairo. Bersama Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo, Dr. Usman Syihab, diterima oleh Kepala Puskin, Bpk. Wahyudi.

Kursus Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), di Mesir diselenggarakan di 3 tempat, Puskin (Pusat Kebudayaan Indonesia) di SIC (Sekolah Indonesia Cairo), BIPA-Universitas Al-Azhar Asy-Syarif, dan Pusat Studi Indonesia (PSI) Canal Suez University, Ismailiya.

Jumlah Pemelajar Bahasa Indonesia di Mesir, sejumlah 400-an orang di PUSKIN, 120 orang di Universitas Al-Azhar Asy-Syarif dan 120 orang di PSI Canal Suez University.

Ruang kelas di Sekolah Indonesia Cairo ini digunakan untuk tempat kegiatan belajar mengajar tingkat TK-SD-SMP-SMA pada Pukul 07.30 sampai dengan Pukul 15.00, dilanjutkan dengan kegiatan kursus Bahasa Indonesia yang diselenggarakan oleh PUSKIN pada Pukul 15.00 sampai dengan Pukul 21.00.

Tingkatan kelas bahasa Indonesia terbagi menjadi 6 level/kelas, sesuai dengan kemampuan bahasa Indonesia peserta didik. Waktu belajar untuk level 1 pada hari Sabtu, Senin dan Rabu, sedangkan level 2 sampai dengan level 6 di hari Ahad, Selasa dan Kamis.

Sore hari ini, kami berkesempatan Silaturrahim dengan Pelajar PUSKIN kelas 4 dan kelas 5, turut hadir Ustadzah Fatmah Saied, peserta Program Pertukaran Pendidikan dan Kebudayaan yang tinggal selama 2 bulan di Pondok Pesantren Darunnajah pada 16 September-16 November 2018 yang lalu.

Selain tempat belajar bahasa Indonesia, PUSKIN juga sebagai tempat latihan Silat Tapak Suci dan Silat Talago Biru, dimana latihan berlangsung dua kali dalam satu pekan, di sore hari. Saat ini terdapat 400-an warganegara Mesir yang ikut serta dalam latihan Silat ini.

Universitas Al-Azhar Asy-Syarif, Cairo, Mesir, pada tahun ajaran 2019-2020 ini, akan membuka Jurusan Bahasa Indonesia di Fakultas Bahasa dan Terjemah. Juga menjadikan Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah pilihan (maddah ikhtiyariyah), untuk menunjang fasilitas pembelajaran, telah dibangun Lab Bahasa Indonesia di kampus Al-Azhar.

Cairo, 5 Maret 2019