Mutiara Keikhlasan dalam Hati sang Pejuang”

Keikhlasan dalam struktur maknanya yang paling sukar ; yaitu terus memperjuangkan agama Allah meski tidak lagi diakui dan dihargai oleh manusia. Imam Abu Laith As-samarqandi, beliau mengajak kita untuk belajar keikhlasan dari hati seorang penggembala kambing di tengah Padang rumput yang jauh.

Sungguh berat rasanya bagi siapa saja untuk terus menerus berjuang bertahun-tahun tanpa pengakuan dan penghargaan. Tapi tidak bagi K.H Mahrus Amin. Beliau merasa bahwa mendidik adalah misi kehidupan. Buka karena jabatan atau penghargaan.

Beliau menyimpulkan semua keberhasilan dengan bahasa yang ringan. “Kalau kamu ikhlas, maka sesuatu yang kamu perjuangkan akan tetap berdiri sampai hari kiamat. Namun kalau hatimu berlumpur dengan debu, keinginan dan kepentingan duniawi, jangankan sampai kiamat. Kamu belum matipun, sesuatu yang kamu inginkan sudah runtuh duluan”. -K.H Mahrus Amin-.

العمل جسم وروحه الإخلاص

Pekerjaan itu seperti tubuh dan ruhnya adalah keikhlasan.

” Kyai Entrepreneur ” hal.106-107
Penulis : Arli Ibrahim. Kepala sekolah Internasional Boarding school, Republic of Indonesia. Alumni Darunnajah angkatan IX

Editor :Irfan & Irma

staidarunnajah #jakartaselatan #jakarta #indonesia #hukumislam #HukumKeluargaIslam #islam