Monitoring Mahasiswa Peserta Program Pengalaman Lapangan STAIDA

Tepat pada hari Jum’at 25 Oktober 2019 pagi, Peserta Program Pengalaman Lapangan (PPL)  dikunjungi oleh salah satu dosen dari Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah (STAIDA). Kunjungan yang dilakukan oleh Al – Ustadz M. Irfanudin Kurniawan, S.Th.I, M.Ud ini bertujuan untuk memonitoring dan mengadakan evaluasi terhadap peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di MTs Darunnajah 3 Serang Banten.

Kata monitoring merupakan kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun apakah kita sudah benar – benar mengetahui pengertian dan tujuan monitoring itu sendiri?

Menurut George R. Tery (2006) mengartikan pengawasan adalah mendeterminasi apa yang telah dilaksanakan, maksudnya mengevaluasi prestasi kerja dan apabila perlu, menerapkan tidankan-tindakan korektif sehingga hasil pekerjaan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Monitoring dalam bahasa Indonesia berarti pemantauan. Pengertian pemantauan yaitu kesadaran tentang apa yang ingin diketahui oleh pemantau agar mendapatkan informasi terhadap pergerakan tentang status dan kecenderungan suatu pekerjaan. Pengukuran dan evaluasi yang dilakukan semata – mata agar tujuan dapat tercapai dan kondisi hasil manajemen berjalan dengan baik.

Pada monitoring yang dilakukan terhadap peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) kali ini membahas beberapa evaluasi kegiatan harian yang berlangsung di MTs Darunnajah 3 Serang Banten. Adapun evaluasi yang dibahas, yaitu :

  1. Penulisan laporan kegiatan harian harus rutin dilaporkan.
  2. Segera membuat form laporan secara tertata.
  3. Pemaksimalan kegiatan harian harus lebih terbimbing.
  4. Laporan kelompok agar segera disusun.
  5. Setiap permasalahan agar didiskusikan dan dicarikan solusinya dengan dosen pembimbing agar tidak menghambat agenda PPL yang lain.

Poin – poin di atas akan dijadikan bahan bagi peserta PPL agar lebih baik lagi dalam melaksanakan program PPL yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 23 September 2019 dan akan berakhir pada tanggal 16 November 2019.