STAI Darunnajah Jakarta Akan Menggelar Lomba Dakwah Haji dan Cerdas Tangkas

Jakarta (STAIDA)—Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darunnajahakan menggelar Lomba Dakwah Haji dan Cerdas Tangkas Haji dan Umrah. Kegiatan ini merupakan program dari bagian kerjasama STAI Darunnajah dalam rangka sosialisasi dan edukasi tentang manasik haji dan umrah.  Untuk melaksanakan kegiatan Lomba Dakwah Haji dan Cerdas Tangkas Haji dan Umroh, STAI Darunnajah bekerja sama dengan Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) dan berencana menyelenggarakan kegiatan tersebut di area Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta.

Rencananya, kegiatan tersebut akan dibuka pendaftarannya mulai Rabu (12/02) sampai dengan Kamis (05/03) mendatang.

Ketua Panitia Lomba Wildan Samani mengatakan kegiatan Lomba Dakwah Haji dan Cerdas Tangkas Haji dan Umroh dimaksudkan untuk mendekatkan materi manasik haji dan umrah kepada masyarakat luas meliputi mereka yang sudah mendaftar haji atau umrah, yang sedang menabung untuk mendaftar haji atau umrah, dan mereka yang baru niat menunaikan ibadah haji atau umrah.

“Tujuannnya adalah mendekatkan materi manasik haji dan umrah kepada masyarakat yang sudah mendaftar haji atau umrah, yang sedang menabung untuk mendaftar haji atau umrah, dan mereka yang baru niat menunaikan ibadah haji atau umrah,” kata Wildan melalui keterangan tertulisnya. Senin (10/02).

Mengusung tema “Memperkokoh Ukhuwah Ditjen PHU Kementerian Agama dan Pondok Pesantren Dalam Rangka Dakwah Haji Sepanjang Tahun.” Kegiatan ini bertujuan melakukan pembinaan, pelayanan, perlindungan, kemandirian, dan ketahanan kepada para calon jemaah haji dan umrah serta dakwah haji secara umum.

“Tujuan melakukan pembinaan, pelayanan, perlindungan, kemandirian, dan ketahanan kepada para calon jemaah haji dan umrah,” tambahnya.

Wildan menambahkan, kegiatan ini terdiri dari 2 cabang lomba, yaitu Lomba Dakwah Haji serta Cerdas Tangkas Haji dan Umrah. Dengan rincian untuk Lomba Dakwah Haji jumlah peserta 25 orang yang berasal dari Guru ustadz/ustadzah dari PAUD, SD/SDIT/Madrasah Ibtidaiyah, SMP/Madrasah Tsanawiyah, SMA/Madrasah Aliyah, mahasiswa, dan dari masyarakat umum (tidak termasuk pembimbing KBIH).

“Sedangkan Cerdas Tangkas jumlah peserta 27 regu masing-masing beranggotakan 3 orang yang berasal dari sentir/pelajar madrasah alinha/SMU/SMK sederajat,” jelas Wildan.

Sementara itu, Wakil Ketua STAI Darunnajah Hendro Risbiyantoro mengucapkan apresiasinya karena STAI Darunnajah mendapat amanah dari KH. Sofwan Manaf untuk menerima kerja sama kepanitiaan lomba dakwah haji dan cerdas tangkas haji dan umrah. “Terima kasih atas kepanitiaan bersama FKAPHI dan STAI Darunnajah. Awalnya KH. Sofwan Manaf dikontak oleh Ibu Sinto Weni dari Setwapres, selanjutnya STAI Darunnajah mendapat amanah dari KH. Sofwan Manaf untuk menerima kerja sama kepanitiaan lomba dakwah haji dan cerdas tangkas haji dan umrah,” kata Hendro.

Pihaknya dan seluruh jajaran STAI Darunnajah akan mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan lomba dakwah haji dan cerdas tangkas haji dan umrah.

Ketua Umum FKAPHI Mahmudi Affan Rangkuti juga menyampaikan terima kasih atas kesediaan STAI Darunnajah bekerja sama dengan FKAPHI dalam kegiatan lomba dakwah haji dan cerdas tangkas haji dan umrah.

“Dalam kegiatan ini marilah kita memposisikan kembali haji sebagai rukun Islam dan memperlakukan haji sama dengan rukun Islam lainnya, bahwa haji butuh dakwah haji sebagai kestabilan. Inilah gerakan sosial kita untuk menjaga haji tidak keluar dari fitrahnya kembali,” kata Affan.(ha/ha)