Coaching CLINIC “Penulisan Artikel Jurnal Internasional Dalam Bidang PAUD”

STAI Darunnajah Jakarta kembali mengutus seorang dosen untuk mengikuti coaching clinic penulisan jurnal PAUD yang diselenggarakan oleh mahasiswi Sekolah Pasca Sarjana Bandung pada tanggal 28 -29 Oktober di Bandung. Pelatihan ini diikuti oleh dosen prodi PIAUD yaitu Hapsa Kamaruddin M.Pd. yang bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan serta peningkatkan kemampuan dan pengembangan dosen sesuai dengan tujuan Tri Darma Perguruan Tinggi terkhususnya di bidang penulisan artikel jurnal internasional dalam bidang PIAUD.

Kegiatan Publikasi Ilmiah yang berlangsung di Bandung dalam dua hari ini yakni tanggal 28 – 29 Oktober 2019 tepatnya  di Hotel Luxton Bandung, merupakan salah satu kegiatan coaching Clinic yang diselenggarakan oleh Mahasiswi Program Pasca sarjana Universitas Pendidikan Bandung.

Dimana kegiatan ini merupakan kegiatan Publikasi Ilmiah Penulisan Artikel Jurnal International dalam bidang PAUD. Pembukaan kegiatan oleh ketua prodi SPS UPI Bandung diawali dengan pembukaan perkembangan publikasi karya Ilmiah di Indonesia.

Kemudian dilanjutkan pada pukul 09.00 – 10.30 dilanjutkan materi oleh Ibu Vina Adriani, Ph.D yang membahas tentang aturan dan kebijakan pemerintah tentang publikasi Karya Ilmiah, Struktur artikel dan kode etik penulisan dan Plagiarism. Dalam sesi ini pemateri membahas tentang scam journal. Dimana Scam Journal ini merupakan tindakan kejahatan yang perlu dihindari oleh Author. Sebagai penulis kita bisa mengenali ciri – ciri scammer yakni tidak melalui proses Peer Review, proses Peer Review yang cepat, Kemudian biaya produksi yang sangat mahal, Bahasa Inggris Jurnal tidak melalui proses editing, Poor Citation/References, dan isi jurnal cenderung tidak spesifik pada satu bidang tertentu (Men in India). Itulah beberapa ciri dari Scammer yang perlu kita hindari sebagai penulis.

Kemudian kegiatan dilanjutkan pada pukul 10.30 – 12.00 yang di awali dengan materi “How to write Introduction” yang disampaikan  oleh Ibu Yeni Rachmawati, Ph.D.

Setelah Istirahat di jam 13.00 – 14.30 kegiatan dilanjutkan kembali dengan pembahasan mengenai How To Write Literature Review,  yang disampaikan oleh ibu Hany Yulindrasari.Ph.D dan kegiatan berakhir dengan materi tentang how to write a method on your paper di sore itu. Dalam sesi ini kita banyak di beri tips atau suggest  tentang bagaimana menulis sebuah literature review yang baik, kesesuain topik dengan jurnal, originallitas, kejelasan tesis, klaim, argument masalah penelitian dan pendekatan metodologi, kualitas dan relevansi gambar dan tabel, kaitan judul dan abtsrak dengan isi ,kejelasan definisi, konsep, uraian, kaitan temuan interpretasi, kesimpulan dan kontribusi terhadap bidang keilmuan.  Yang tentunya pemaparan materi yang mudah diresapi oleh para peserta dan juga penyampaian materi yang disertai dengan contoh artikel ke PAUD an .

Setelah session acara di hari pertama berakhir, dilanjutkan lagi dengan session acara di hari ke dua dengan tema how to analyze the data dan conclusion.  Masuklah kita pada inti dari kegiatan publikasi ilmiah ini yakni praktek dan revisi penyusunan artikel internasional. Dimana kita yang sudah menyiapkan draft, kemudian memilih jurnal yang akan kita tuju. setelah itu buat account di  jurnal tersebut, setelah account dibuat kita siapkan perlengkapan seperti : cover, letter, abstract,title,article dan identitas diri. Setelah itu upload article dan kelengkapan lainnya, dan terakhir kita bisa menggunakan proses review dalam 3-4 bulan lamanya. Kegiatan yang sangat menarik seperti ini sangat  diharapkan akan dilakukan lagi ke depannya. Agar lebih memberikan stimulus  kepada jiwa jiwa penulis supaya semakin bersemangat. Terlebih sangat bermanfaat bagi para pemula yang baru memiliki jurnal akan tetapi belum dipublikasikan. Dari seluruh rangkaian kegiatan yang selalu ditekankan para pemateri hebat ini bahwa  argument pun penting dalam sebuah artikel. Kemudian the state of art  yang bermakna bahwa buatlah sebuah jurnal atau artikel atau sebuah karya tulis ilmiah yang memiliki ciri atau kekhasan tersendiri. Sebab itulah yang membedakan artikel atau jurnal kita berbeda dengan penelitian sebelumnya.

Demikianlah laporan kegiatan publikasi ilmiah coaching clinic penulisan artikel jurnal internasional dalam bidang PAUD yang diselenggarakan pada tanggal 28 dan 29 Oktober 2019  di Bandung. Semoga bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.

Penulis : Hapsa Kamaruddin.