AKREDITASI PRODI DI STAIDA MENDORONG PENINGKATAN KUALITAS MAHASISWA DAN DOSEN

Saat ini para dosen dan jajaran staf Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah (STAIDA) Jakarta sedang sibuk mempersiapkan akreditasi prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Pendidikan Islam anak usia dini (PIAUD).

Proses panjang yang memerlukan ketelitian ini merupakan salah satu wasilah untuk mencapai keberhasilan dosen dan mahasiswa di prodinya masing-masing. Dan hal ini juga menjadi tolok ukur kualitas mutu pendidikan dalam suatu perguruan tinggi.

Semua sivitas akademika dan staf di STAIDA ikut terlibat dalam pengisian borang-borang akreditasi, perbaikan sarana prasarana, laporan-laporan, pengecekan fisik kampus, dan hal-hal lain yang perlu dibuktikan saat visitasi oleh asesor. Tidak hanya itu, mereka juga melakukan beberapa kali simulasi akreditasi guna mengecek kembali beberapa kekurangan yang ada.

 

Dua prodi di Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah (STAIDA) telah mengajukan reakreditasi ke BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi). Saat ini BAN-PT telah memeriksa seluruh borang-borang akreditasi yang telah diajukan oleh STAIDA.

Adapun proses selanjutnya adalah menunggu jadwal visitasi dari BAN-PT yang insyaallah tidak lama lagi karena proses pengajuan yang semula berstatus “menunggu proses AK (Asesemen Kelayakan)” telah berubah menjadi  “proses AK ( Asesemen Kelayakan), dan saat ini telah berubah lagi menjadi “notifikasi jadwal AL (Asesmen Lapangan)”. Ini artinya hanya tinggal menunggu beberapa minggu lagi untuk visitasi.

 

Untuk mendapatkan nilai yang bagus dalam proses akreditasi ini, maka harus ada kesesuaian data-data yang diajukan ke BAN-PT dan kondisi di lapangan. Maka dari itu, semua hal yang akan dibuktikan saat visitasi harus disiapkan dengan sebaik-baiknya oleh semua pihak yang ada di STAIDA. Hal ini juga yang akan menjadi pendorong untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dan dosen di STAIDA.